Merokok Tidak Hanya Menyebabkan impotensi, Penyakit Jantung, Gangguan Janin, dll. ;)


Sebenernya kebanyakan orang tidak mengetahui dampak yang diberikan rokok selain penyakit diatas. Bahkan ada beribu-ribu penyakit yang potensial menyerang bila kita mengkonsumsi rokok. Sayangnya para empu industry rokok ini tidak tahu (baca: pura-pura) ancaman yang ada pada barang yang mereka produksi.

Jadi apa aja sih penyakit-penyakitnya? Oke, ada sebuah referensi bagus di Amerika, diterbitkan buku “Cigarettes: What the Warning Label Doesn't Tell You”, yaitu buku yang mengupas tuntas semua ancaman yang disebabkan dari merokok secara komprehensif. Buku ini bereferensi dari lebih 450 catatan medis dan dikaji ulang oleh para ahli, kebanyakan dari mereka adalah Doktor dan para PhD. Oke, yuk kita liat beberapa poin tentang bahaya merokok dari buku ini :

1. Selain kanker paru-paru, tenggorokan, dan otak, rokok juga dapat menyebabkan kanker usus pancreas, ginjal, kantung empedu, dan servix loh. Merokok juga ternyata dapat menyebabkan leukemia. Selain itu, riset terbaru menunjukkan dengan merokok dapat melipatgandakan kemungkinan kanker penis, me-8-kalilipatkan kemungkinan kanker anus untuk pria, dan 9 kali lipat untuk wanita. Eugh serem..

2. Merokok dapat menghambat laju peredaran darah dalam tubuh, dimana berkemungkinan 16 kali lipat untuk terjadinya berbagai penyakit dalam pembuluh darah, seperti arteriskleriosis. So pasti darah alirannya terhambat, maka biasanya penyakit ini berimbas pada rasa nyeri pada tangan dan kaki.

3. Perokok akan nampak lebihh tua dari biasanya. Para ahli mengamati, “Perokok yang berusia 40 punya kerut dan keriput wajah yang hampir sama dengan bukan perokok yang umurnya 60 tahun..”

4. Tau kan kalo mau dioperasi kita bakal dibius terlebih dahulu? Untuk para perokok, porsi obat biusnya ternyata membutuhkan lebih banyak dari biasanya dan mereka pun bakal sadar dari biusannya lebih lama juga dari biasanya.

5. Selain itu juga, ternyata luka yang dimiliki para perokok bakal sembuh dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

6. Merokok sangat berhubungan erat dengan kekeroposan tulang. Seorang perokok memiliki kemungkinan tulang keropos dan osteoporosis lebih banyak dibandingkan non perokok. Selain itu juga pertumbuhan tulang dan regenerasi tulang para perokok lebih lamban 80% dibandingkan non perokok.

7. Buat ibu-ibu, rokok juga sangat mempengaruhi kualitas janin dan anak yang dilahirkan. Perokok wanita memiliki tingkat kesuburan 30% lebih rendah daripada bukan perokok. Imbas buat anak yang selama dikandungnya ibunya ngerokok, yaitu alergi bertambah, IQ berkurang (nambah idiot), dan bisa-bisa terkena resiko keterbelakangan mental.

8. Buat para lelaki, rokok mempengaruhi kualitas sperma juga! Nah lo! Dampaknya untuk para perokok, jumlah sperma menjadi berkurang karena kemampuan untuk membelahnya menjadi lemah. Selain itu kemampuan sperma berenang dalam air mani pun berkurang drastis. Pokoknya keseluruhan kualitas sperma menjadi defisit.

9. Oia, di nomor 2 kan dijelasin merokok dapat menghambat laju aliran darah. Maka ini pun berlaku untuk laju aliran darah menuju penis. Apa yang terjadi? Tentu aja para perokok punya masalah dengan ereksi mereka.

10. Ternyata merokok berdampak juga pada mata. Para perokok memiliki resiko katarak, abnormal eye movement, inflamasi pada saraf optic, kebutaan, dll yang disebabkan kurangnya laju aliran darah menuju mata.

11. Yang jelas pada mulut, bertambahnya plak, infeksi gusi, dan ompong.

12. Merokok menghambat kinerja system imun, dengan berbagai cara. So pasti para perokok itu gampang kena sakit dan alergi.

13. Buat para perokok pasif, berdasarkan Enviromental Protection Agency (EPA) di Amerika, para perokok pasif cenderung terancam bronchitis, pneumonia, asma, infeksi telinga, dll. Selain itu para anak-anak setiap tahunnya kurang lebih sebanyak 702 anak meninggal karena asthma dan penyakit pernafasan lainnya.

Wow, masih banyak lagi sih keuntungan dari merokok dalam buku ini. Cuman saking kebanyakannya ga bisa diulas disini semua. Sayangnya di tanah air tercinta kita ini industry rokok udah bener-bener raksasa. Dari mulai pekerjanya, buruh-buruhnya, bahkan kebanyakan kegiatan disponsori oleh rokok. Contoh sepakbola, voli, bahkan beasiswa sekalipun!

Ah mau gimana lagi ya? Pabrik rokok dianguskan, bakal banyak yang PHK, terus banyak sakau rokok juga akhirnya. Mungkin kita bisa nyontoh Arab Saudi, disana rokok udah diharamkan, karena apa? Ya karena mudharat bangetlah efeknya buat kita! Yo pada tobat para perokok, buat yang belum merokok (termasuk saya, hehe) jangan pingin coba-coba biarpun keliatannya keren kalo pake rokok. (mending sakit atau keren?)


0 comments:

Post a Comment