Bahaya Masturbasi Berlebih

Tau masturbasi kan?Apa sih dampaknya kalo keseringan bermasturbasi? Bahaya ga ya? Yuk kita liat dari segi biologi dan kedokteran.

Secara biologis, keseringan melakukan masturbasi dapat ngerangsang saraf simpatetik. Namun bila dilakukan secara berlebihan dapat merangsang juga hormon-hormon seks secara berlebih; acetylcholine, dopamine, serotonin, testosteron, dll.


Nah, kelebihan hormone-hormon tersebut dapat membuat otak dan kelenjar adrenalin saling bekerja dan membuat system tubuh bekerja total secara simpatetik.
Wew, itu artinya ketika seseorang sering masturbasi, hormone-hormon didalam tubuhnya sangat sering mengalami perubahan. Terus kenapa? Ya cape lah, berikut dampak-dampaknya kalo keseringan;

1. Lemes
2. Bagian pinggul linu
3. Rambut rontok
4. Lemah ereksi
5. Ejakulasi dini
6. Rasa kejang di pinggul, dll

Terus kebanyakan tu maksudnya berapa kali sih masturbasinya? Sehari 3x?
Hm, dokter-dokter ahli menyarankan untuk pria sebaiknya mengalami ejakulasi maksimal 2-3 kali/minggu. Berhubungan suami-istri pun termasuk. Ada orang beralasan kenapa dia sangat sering masturbasi karena untuk sarana latihan memperbesar penisnya dan siap pakai ketika nikah nanti. Wah, sayangnya itu kurang tepat. Justru disarankan untuk latihan seks tanpa melakukan ejakulasi. Dengan begitu “bioenergy” dalam tubuh kita tetap tersimpan utuh sampai nanti, penis tambah kuat, berereksi lama, dan volume ejakulasi bertambah.

Menurut para dokter ahli, masturbasi merupakan salah satu latihan seksual dan sarana untuk meningkatkan kesehatan juga. Tetapi sama seperti hal lainnya di dunia ini, melakukan hal-hal yang baik namun berlebihan ‘kan tidak baik juga. Bila masturbasi berlebihan terancam kita bisa sangat kelelahan, stress, dan bisa-bisa sering lupa. Bahkan orang-orang yang sangat sering (ekstrim) masturbasinya terancam terkena impoten dan rambut rontok.

Pernah dilakukan suatu percobaan, semua sampel melakukan masturbasi. Lalu diantaranya tanpa diketahui ternyata ada yang melakukan over-masturbate. Ternyata sampel yang melakukan over-masturbate itu mengalami perubahan hormone dan kinerja otak yang drastic dalam tubuh. Telah dijelaskan ‘kan diatas kalo masturbasi berlebihan merangsang saraf parasimpatetik? Ternyata rangsangan saraf itu menghambat kinerja hati dalam menghasilkan enzim-enzimnya. Terus buat apa enzim-enzim tersebut? Oh enzim-enzim tersebut ternyata berfungsi untuk “membatasi” hormone-hormon seksual yang dihasilkan oleh otak dan kelenjar adrenalin. Makanya kenapa sampai ada yang ketagihan masturbasi itu karena enzim-enzim yang dihasilkan hatinya itu terhambat oleh saraf parasimpatetik dan hormone-hormon seks dengan lancarnya mengalir tanpa dihalangi oleh enzim dari hati tsb.

Eh ada dampak lainnya juga dari over-masturbate. Semen leakage atau kebocoran mani. Maksudnya? Tanpa disadari kita mengeluarkan air mani tanpa ereksi. Maksudnya lagi apa? Semen leakage itu adalah pertanda melemahnya saraf parasimpatetik. Perlu diketahui bahwa saraf parasimpatetik berperan juga dalam penis, khususnya dalam ereksi dan buka tutup katup tempat keluarnya air mani. Jadi ketika saraf parasimpatetik lemah gara-gara over masturbate, maka otot yang mengatur ereksi dan katup yang mengatur keluarnya air mani jadi lemah juga. Makanya bisa bocor, udah mah gak ereksi, bocor pula. Ibarat sebuah gerbang istana yang reyot dan gerbangnya tidak ada penjaga sehingga maling pun bisa leluasa keluar masuk.

Ada cara menanggulanginya, pertama dari aspek biologis.
1. Jangan banyak makan daging kambing, sapi, ayam, dll.
2. Makan sayur, seafood, dan kacang-kacangan.
3. Minum jus, makan buah-buahan, dan banyak minum air.

Lalu dari aspek psikologis ;
1. Sering-sering ngumpul sama temen-temen. Karena biasanya masturbasi terjadi ketika kita menyendiri. Kecuali ngumpulnya sama anak-anak mesum. Saya pernah denger cerita dari temen saya kalo temennya temen saya tuh suka masturbasi rame-rame sama temen-temennya yang lain. Naudzubillah, ya intinya sering-sering gaul sama orang-orang shaleh bukan anak-anak nongkrong.
2. Hindari pornografi atau apapun yang merangsang birahi.
3. Jadilah orang sibuk, atau seorang aktivis organisasi yang kerjanya berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Biasanya ntar hal-hal yang merangsang birahi tersebut bisa terlupakan karena didorong dari aspek ngumpul-ngumpul sama temen-temen.
4. Ohya, harusnya ini nomor satu, niat!
5. Kalo masih ga bisa juga minta tolong psikiater atau psikolog.
6. Akhirnya kalo ga bisa juga mending nikah aja lah, karena hukumnya masturbasi dalam Islam masih membingungkan.


0 comments:

Post a Comment